Minggu, 27 Oktober 2013

Cadangan Devisa Naik, Rupiah Tertolong (Tulisan softskill 3)


Cadangan Devisa Naik, Rupiah Tertolong

Tidak hanya penguatan Indeks Harga Saham Gabungan yang diprediksi menguat hari ini, namun kenaikan cadangan devisa dinilai dapat membantu penguatan rupiah."Meski tipis," kata Analis Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Selasa, 10 September 2013.

Cadangan devisa hingga akhir Agustus 2013 tercatat US$ 93 miliar, relatif stabil dari posisi akhir Juli 2013 sebesar US$ 92,7 miliar. Nilai tersebut setara 5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri. Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisinya setara dengan 5,2 bulan impor.

Bank Indonesia menilai jumlah itu cukup menghadapi tekanan neraca pembayaran. Namun, tingginya tekanan dan ketidakpastian perekonomian global ke depan memerlukan langkah antisipasi baik dengan penguatan respons kebijakan maupun ketahanan menghadapi gejolak eksternal, termasuk bantalan kecukupan cadangan devisa secara berlapis.

Hari ini rupiah diperkirakan akan bergerak pada rentang Rp 11.180-Rp 11.195 dengan kurs tengah Bank Indonesia. Sepanjang pekan lalu, nilai tukar rupiah melemah 276 poin atau 2,52 persen ke posisi 11.200 per dolar Amerika Serikat, atau anjlok dibandingkan pekan sebelumnya, 10.924 per dolar Amerika.

Reza melanjutkan, laju rupiah juga juga akan kembali menguat seiring dengan imbas positif pada laju mayoritas mata uang regional. "Rupiah juga akan terbantu dengan menguatnya dolar Australia pasca kemenangan Perdana Menteri Tonny Abbott di pemilihan pemerintahan," ujarnya.

Sentimen positif juga datang dari kenaikan yuan setelah neraca perdagangannya menunjukkan peningkatan. "Begitupun dengan rilis inflasi China yang cukup stabil dan data kenaikan neraca perdagangan yang membuat ekonomi Cina diprediksi meningkat," ucapnya.

Analisis      :
Menurut saya, kenaikan cadangan devisa dinilai dapat membantu penguatan rupiah dan posisi ini relative stabil sehingga dapat membuat keadaan perekoniman Indonesia membaik dan semakin stabil.

 Sumber                                :  http://www.tempo.co/read/news/2013/09/10/087511880/Cadangan-Devisa-Naik-Rupiah-Tertolong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar