Minggu, 27 Oktober 2013

Jaga Ekonomi Bukan Cuma Tugas Pemerintah (Tulisan 2 Softskill)


Jaga Ekonomi Bukan Cuma Tugas Pemerintah

Wakil Presiden Boediono menegaskan bahwa tugas untuk menstabilkan perekonomian dalam negeri tidak bisa jika hanya dibebankan kepada pemerintah.

"Pemerintah, pelaku bisnis, bahkan masyarakat umum sama-sama memiliki andil dalam menghadapi perekonomian global yang tidak stabil," kata Boediono dalam pembukaan perdagangan Trade Expo Indonesia (TEI) 2013 di Jakarta International Expo (JIExpo), Senin pagi, 16 Oktober 2013.

“Sama-sama kita jaga ekonomi nasional kita supaya kita bisa melewati masa-masa yang tidak pasti ini secara sebaik-baiknya,” ujar Boediono.

Bagi Boediono, wilayah kewenangan pemerintahan adalah sebatas menjaga situasi kestabilan ekonomi makro. "Ini adalah komitmen yang telah ditetapkan oleh pemerintah," katanya. Ia menekankan kepada pelaku bisnis untuk jangan ragu-ragu untuk melanjutkan kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan bisnisnya.

Pemerintah saat ini, menurut Boediono, telah menyiapkan diri untuk menjaga kestabilan ekonomi makro Indonesia.

“Kalau pun terjadi transisi kondisi dari easy money ke situasi yang lebih normal, transisi akan kita upayakan setertib mungkin melalui berbagai kebijakan makro,” ujar Boediono.

Sasaran lain dari pemerintah, ujar Boediono, adalah menjaga inflasi dalam tingkat yang rendah. Salah satu upaya dari pemerintah adalah mengamankan ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pokok. "Pemerintah juga berusaha mengamankan arus ketersediaan dan harga barang-barang kebutuhan pokok," katanya.

Analisis                :
Menurut  saya apa yang wakil presiden Boediono katakan adalah benar. Karena masyarakat juga memang harus memiliki andil dalam menghadapi perekonomian Indonesia yang sering kali terjadi tidak kestabilan. Jadi tidak seharusnya masyarakat selalu menyalahkan pemerintah dan pemerintah pun juga harus tetap menjaga kestabilan ekonomi makro.


Sumber                                :  http://www.tempo.co/read/news/2013/10/16/090522011/Trade-Expo-Kemayoran-Akan-Tarik-9000-Pembeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar