Minggu, 29 Desember 2013

Tugas 3 Bahasa Indonesia (Softskill)


Coba anda berikan contoh tulisan ilmiah populer, dengan topik persitiwa-peristiwa yang terjadi saat ini !

Bila Jadi Presiden, Jokowi akankah Bernasib Sama dengan Bung Karno dan Pak Harto?

Jakarta - Joko Widodo kian kokoh berada di puncak elektabilitas dan popularitas setiap survei Capres 2014. Hal itu pun menunjukkan sosok Jokowi di mata masyarakat sangat dipuja. Bila Jokowi benar-benar menjadi presiden nantintya, akankah bernasib sama dengan Soekarno dan Soeharto? Mereka dilengserkan saat di ujung jabatan.

"Kebanyakan (Presiden RI) sebelum naik itu dipuja-puja, kemudian berakhir dengan sinisme publik yang menyakitkan," kata Pakar Komunikasi politik UIN, Gun Gun Heryanto dalam rilis survei bertema "Siapa lawan tanding Jokowi" yang digelar Laboratorium Psikologi Politik UI di Hotel Morissey, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2013).

Gun mencontohkan bagaimana nasib beberapa Presiden RI seperti Bung Karno yang sangat di puja sebelum menjadi Presiden RI. Namun setelah lengser sebagai Presiden RI mendapat sinisme dari beberapa masyarakat, hingga permintaan untuk dimakamkan di daerah Priangan Jawa Barat pun tidak dapat diwujudkan.

"Tak berbeda jauh dengan presiden setelah itu, Pak Harto waktu naik menjadikan dia pengharapan masyarakat Indonesia, setelah lepas dari jabatanya itu bagaimana? Gus Dur naik juga sangat diharapkan setelah itu seolah-olah ditinggalkan, SBY juga begitu," jelasnya.

Menurutnya, kini SBY yang sebagai Presiden RI juga telah mengalami hal yang sama dengan Presiden RI sebelumnya. "SBY mengalami seperti itu, pencitraan dia sangat buruk, bagaimana publik menyiapkan level pengharapan seperti sebelumnya. Orang itu menilai kalau lagi ngetrend dipuja namun mudah sekali kecewa diakhirnya," jelas dia.


Analisis           :
Joko Widodo kian kokoh berada di puncak elektabilitas dan popularitas setiap survei Capres 2014. Hal itu pun menunjukkan sosok Jokowi di mata masyarakat sangat dipuja. Gun mencontohkan bagaimana nasib beberapa Presiden RI seperti Bung Karno yang sangat di puja sebelum menjadi Presiden RI. Namun setelah lengser sebagai Presiden RI mendapat sinisme dari beberapa masyarakat.

Sumber :
http://news.detik.com/read/2013/12/29/175234/2453439/10/bila-jadi-presiden-jokowi-akankah-bernasib-sama-dengan-bung-karno-dan-pak-harto?n991102605

Tidak ada komentar:

Posting Komentar