Minggu, 29 Desember 2013

tugas 5 Bahasa Indonesia (Softskill)


Buatlah contoh sebuah paragraf yang berkaitan dengan
bidang anda sekarang !
    1. Generalisasi
    2. Analogi
    3. Sebab-akibat (kausalitas)


Contoh Paragraf  Generalisasi:

Untuk mendapatkan gelar Strata satu (S1). Kita harus mengikuti dan menjalankan semua peraturan-peraturan yang kampus berikan. Diantaranya mahasiswa dan mahasiswi harus aktif dalam mengikuti setiap perkuliahan, harus dinyatakan lulus Ujian Utama dengan IPK minimal 3,00 dan tidak ada nilai D. Mahasiswa juga harus menyelesaikan seluruh matakuliah lokal dan memiliki IPK total minimal 3,00 sebaiknya nilai tidak ada yang D. Selain itu, mahasiswa juga harus menyelesaikan sekaligur harus lulus pada Penulisan Ilmiah. Dan juga mahasiswa dan mahasiswi harus telah mengikuti workshop dan kursus. Selain dari itu semua mahasiswa dan mahasiswi juga harus menyelesaikan segala administrasi dan keuangan hingga semester yang sedang berjalan. Jadi, memang tidak mudah untuk menyandang gelar Sarjana Strata Satu (S1). Mahasiswa harus mengikuti semua peraturan dan persyaratan yang kampus berikan.





Contoh Paragraf Analogi :

Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mencari jarum ditumpukan jerami. Saat mencari nya sangatlah sulit ditemukan karena ukuran jarum yang kecil dan jerami yang begitu banyak. Begitu pulabila menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan memahami pelajaran, terkadang kesulitan ekonomi dan sebagainya. Jadi, menuntut ilmu sama halnya dengan mencari jarum ditumpukan jerami sangat sulit sekali banyak rintangan nya.

Menjadi mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi itu sama halnya seperti menghitung tetesan air hujan yang jatuh ke  bumi. Karena kita ketahui dalam mempelajari akuntansi tentu bukan hal yang mudah karena kita harus sangat menjadi teliti dan tidak boleh melakukan kesalahan dalam perhitungan agar hasil selalu balance.





Contoh Paragraf  Sebab-Akibat :

Terkadang dalam suatu perguruan tinggi tentu banyak saja mahasiswa yang malas untuk masuk kuliah mengikuti perkuliahan, karena biasanya yang membuat mereka malas untuk mengikuti perkuliahan yaitu waktu kuliah yang cukup pagi sehingga banyak mahasiswa yang telat bangun sehingga telat untuk berangkat kuliah sehingga mereka biasanya langsung malas mengikuti matakuliah selanjutnya, ada juga karena hanya ada satu matakuliah maka biasanya mahasiswa malas untuk masuk kuliah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar